Tips Membiasakan Berpuasa Senin Kamis

Tips Membiasakan Berpuasa Senin Kamis - Puasa sanin kamis merupkan puasa sunah yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa. Puasa ini merupakan sunah rasulullah SAW yang mana pada hari senin lah beliau lahir dan pada hari kamis amal catatan baik buruk manusia dilaporkan kepada- Nya. Sangat banyak manfaat dari puasa ini salah satunya adalah dapat melancarkan rizki. Untuk itu berikut tips yang dapat diikuti untuk dapat dengan mudah berpuasa senin kamis.



1. Jangan memikirkan tentang kelaparan
Godaan pada puasa senin kamis memanglah cukup berat dibanding puasa dibulan Ramadhan, hal ini dikarenakan dibulan Ramadhan selain dilakukan secara serentak umat islam juga keadaan lingkungan sekitar yang mendukung. Pada puasa senin kamis lebih seperti kita menahan nafsu kita secara sendirian, sehingga ketika lingkungan sekitar berpesta pora (makanan) akan memunculkan pemikiran dari perut dan otak kita untuk merasakan lapar itu. Untuk itu janganlah kita untuk menimbulkan perasaaan dan pemikiran tentang kelaparan yang dialami, puasalah dengan bahagia dan masa bodoh
tentang keadaan sekitar.

2. Adaptasi
Berpuasa senin kamis untuk pemula memanglah sangat berat selain karena kurang dapat menekan nafsu akan godaan sekitar juga karena umumnya mereka berpuasa dengan pemaksaan diri. Hal ini dibutuhkannya adaptasi dimana kita harus melakukan puasa senin kamis ini dengan rutin dan tidak bolong-bolong, jika kita tidak merutinkan diri maka keadaan otak dan diri kita dalam mengontrol nafsu kita akan selalu berulang pada titik start, jadi adaptasi ini diperlukan kerutinitasan yang disiplin.

3. Ikhlaskan niat
Niat dan tekad merupakan kunci terwujudnya segalah hal, termasuk keikhlasan untuk berpuasa. Ikhlas merupakan inti dari segala ibadah Al-Fudhail bin 'Iyadh mengungkapkan “Sesungguhnya amal perbuatan itu meskipun benar tetapi tidak ikhlas maka tidak akan diterima. Begitupun juga halnya juika dilakukan dengan ikhlas tetapi tidak benar maka tidak akan diterima pula amalnya.” Ikhlas merupakan dasar dari amalan hati dan aggota tubuh lainnya mengikuti pada hati dan senantiasa menjadi kemudahan dalam beribadah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Membiasakan Berpuasa Senin Kamis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel