Tips Khusyuk Bertahajud

Tips Khusyuk Bertahajud - Shalat Tahajud Shalat sunah yang dilakukan disepertiga malam yang apabila seorang mukmin melakukan nya akan mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT, semua rahmat yang tidak mudah didapat oleh kebanyakan orang, dan kemuliaan itu meliputi surga yang tidak hanya dijumpai di akhirat, tetapi langsung dirasakan di dunia. Persoalannya adalah banyak orang yang ingin shalat khusyuk dan menghadirkan Allah didalam hatinya, akan tetapi jangankan khusyuk pada shalat malam, untuk mendapatkan kekhusyukan saat shalat wajib pun sangatlah tidak mudah. Artikel ini akan memberikan tips khusyuk bertahadjud untuk para muslim yang beriman :


1. Tidur dalam Keadaan Suci dari Hadas
Ibnu Abbas ra. Menerangkan bahwa Rasulullah SAW bersabda “Sucikanlah jasmani ini, niscaya Allah menyucikan (rohani) kalian. Sebab, seorang hamba yang tidur dalam keadaan suci, satu malaikat ikut tidur dalam selimut yang dikenakannya. Setiap kali dia berbalik pada malam itu, malaikat tadi berkata : Ya Allah, ampunilah hambaMu ini karena dia tidur dalam keadaan suci”. Dari hadis diatas dapat disimpulkan bahwa jika hendaknya kamu berniat untuk melaksanakan kebaikan (Shalat Tahajud) maka hendaknya kamu untuk mensucikan diri dengan berwudhu dan berdoa hanya kepada Allah untuk dipermudahkan dalam melaksankan shalat tahajud, maka kamu akan dilindungi dari rasa malas dan rayuan setan.

2. Menggosok Gigi setelah Bangun Tidur
Ketika kita telah terjaga dalam sepertiga malam segeralah bangun menuju kamar mandi dan jangan menundanya, apabila kau menunda untuk bangun tidak menutup kemungkinan untuk setan mebujukmu untuk terus tertidur lagi. Maka segeralah bangun dan menuju ke kamar mandi untuk berkumur dan menyikat gigi, niscaya ketika engkau membaca surat Al Quran di sepertiga malammu maka malaikat akan menempelkan mulutnya ke mulutmu, dan semua doa yang kau panjatkan niscaya akan diaminkan oleh malaikat tersebut.

3. Berdzikir Sesudah Bangun Tidur
Setelah engkau bangun dimalam hari, sesudah bersikat gigi dan membersihkan tubuh maka berdzikirlah dengan membaca khawatim surat Al-Imran. Ibnu Abbas ra. Meriwayatkan bahwa dia pernah tidur dirumah Rasulullaah SAW dia berkata bahwa setelah Rasulullah SAW bangun beliau membaca surah al Imran ayat 190-191.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Khusyuk Bertahajud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel