Tips Rutin Shalat Malam

Tips Rutin Shalat Malam - Shalat merupakan salah satu kewajiban umat islam, shalat dibedakan menjadi dua yaitu shalat wajib dan sunah. Salah satu shalat sunah yang merupakan kesunahan yang dilakukan Rasulullah SAW adalah shalat malam. Shalat malam terdiri dari shalat sunah tahajud, shalat sunah Hajad, dsb. Manfaat dari shalat malam ini sangatlah banyak selain untuk lebih mendekatkan diri kepadaNya juga ketika berdoa pada waktu sepertiga malamlah para malaikat turun kebumi untuk mengamini doa yang kita panjatkan. Untuk itu artikel ini akan memberikan Tips agar dapat rutin shalat malam :
 
 
 

1. Niat Sebelum Tidur
Ketika menjelang tidur hendaklah sesudah berdoa sebelum tidur kita berniat untuk melakukan shalat malam, maka niscaya Allah SWT akan membangunkan mu pada waktu sepertiga malam itu. Dan ketika sudah terbangun segeralah ambil air wudhu dan berwudhulah karena setan berkerja lebih cepat ketika kamu merasakan kemalasan untuk bangun. Dan jika kita tidak terbangunpun kita telah mendapatkan pahala dari niat baik itu.

2. Bangkittkan Motivasi diri
Memang tidak mudah untuk bangun disepertiga malam untuk shalat, sementara orang disekitar kita tertidur dengan pulas. Tapi baiknya orang-orang yang senantiasa mendekatkan diri kepada Allah adalah termasuk golongan yang beruntung. Bangkitkan apa yang menjadi motivasi dalam hidupmu, apa yang ingin benar-benar kamu capai, maka dengan keajaiban sepertiga malamlah kamu akan berhasil nantinya.

3. Carilah Teman
Jika kita memang benar-benar tidak sanggup untuk bangun pada sepertiga malam/ mengalami ketakutan untuk bangun sendirian ajaklah keluargamu untuk melakukan nya, beri nasihat kepadanya tentang keajaiban shalat malam. Maka dengan cara ini akan memudahkamu untuk dapat bangun menjalankan shalat malam.

4. Lawan Kemalasan dan Jaga Keistiqamahan
Hal yang penting dalam kita melakukan sesuatu yang baik adalah dengan menjadi istiqamah (konsisten) dalam pelaksanaanya. Timbulnya rasa jenuh biasa dihadapi setiap melakukan aktivitas yang monoton. Jika kita terbangun dalam sepertiga malam dan rasa malas mulai menghinggapi lawanlah sesegera mungkin. Jangan menunda untuk bangun

dengan berfikir untuk tidur beberapa menit lagi, maka jika kamu demikian setan akan mengganggumu untuk tidak bangun lagi. Lawanlah kemalasan tersebut dengan aksi nyata, kaerna kemalasan tersebut hanya terasa pada langkah pertama saat kita melakukan sesuatu, selebihnya insyaallah akan diberi kemudahan oleh Allah SWT.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Rutin Shalat Malam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel