Tips Berpakaian Baik Saat Shalat

Tips Berpakaian Baik Saat Shalat - Berpakaian yang sopan dan sesui umat islam adalah suatu keewajiban bagi umat muslim dalam mentaatinya. Seorang muslim atau muslimah sangat dianjurkan untuk memilih pakaian yang sopan rapi tetapi sederhana dan tetapi pada aturan islam yaitu menutupi aurat apalagi jika pakaian tersebut digunakan untuk shalat hendaknya kita menggunakan pakaian terbaik yang kita punya. Untuk seorang laki-laki batas dari aurat adalah pusat sampai lutut sedangkan untuk para muslimah batas aurat adalah seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan. Berikut merupakan tips berpakaian yang baik saat menunaikan shalat :
 
 

1. Tidak menggunakan pakaian yang terbuka
Keterbukaan aurat ini terbagi menjadi beberapa jenis, pertama; Seseorang menggunakan celana atau baju ketat sehingga membentuk lekuk tubuhnya dan apabila orang tersebut adalah wanita dan dia menggunakan mukena saat shalat dan jika ketika melakukan gerakan shalat tersikap dan terlihat bagian dari tubuhnya maka neraka bagi wanita itu. Jadi seorang muslim/muslimah yang beriman hendaknya senantiasa menutup dengan baik bagian dari tubuhnya agar tidak membentuk dan menimbulkan syahwat bagi kaum beda jenisnya.

2. Menyingsikan atau emlipat lengan baju
Diriwayatkan Ibnu Abbas ra. Berkta Rasulullah SAW bersabda “ Aku diperintahkan untuk sujud di atas tujuh anggota badan, tidak menahan rambut dan menyingsikan pakaian” hadis tersebut mengungkapkan kesalahan yang umum dilakukan seorang muslim yang shalat dengan melipat lengannya, jadi sebagai seorang muslim hendaknya kita tidak menyingsikan atau melipat lengan ketika sedang shalat.

3. Shalat dengan pakaian bergambar
Diriwayatkan dari Aisyara. Dia berkata suatu ketika Rasulullah SAW shalat dengan mengenakan gamis yang terdapat gambar, yang ketika selesai shalat beliau bersabda “ Bawalah gamis ini dan bawakanlah aku anbijaniyah (kain agak tebal dan tidak bermotif) kepadaku sesungguhnya gamis ini telah mengganggu kekhusukan ku dalam beribadah” hadis tersebut menjelaskan bahwa baju yang memiliki gambar akan merusah konsentrasi dalam shalat baik bagi dirinya atau pun bagi seseorang di dekatnya ketika shalat jama’ah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Berpakaian Baik Saat Shalat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel