3 Rahasia Puasa Senin Kamis

3 Rahasia Puasa Senin Kamis - Berpuasa merupakan syariat bagi umat islam, baik puasa wajib atau puasa sunah. (Al-Baqarah:134) Dan kalau kalian puasa itu lebih baik bagi kalian kalau kalian mengetahuinya. Rasulullah telah menjelaskan dalam hadist bahwa untuk membentengi nafsu manusia adalah dengan berpuasa. Salah satunya adalah puasa sunah senin dan kamis, dimana puasa tesebut adalah puasa yang dilakukan Rasulullah selama hidupnya yang mana dihari senin lah beliau lahir dan di hari kamis lah amal ibadah kita diaudit/ dilaporkan kepada Allah SWT. Berikut 5 rahasia Puasa Senin Kamis :
 
 

1. Menguatkan Jiwa
Sebagai manusia kita pastilah mempunyai yang dinamakan nafsu, yang mana bila nafsu/ syahwat itu tidak dapat dikendalikan akan merugikan bagi kita atau orang lain untuk itulah maka diwajibkan bagi kamu untuk berpuasa agar dapat menjaga dan mengendalikan nafsu/ syahwat itu (Q.S Al-Jatsiyah 45:23) Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya, dan Allah membiarkannya sesaat berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengarannya dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membeiarkannya sesaat.

2. Melatih Kesabaran
Dalam berpuasa akan meningkatkan kekuatan seorang muslim agar tetap prima, walau pada kenyataannya kita harus menahan kesabaran dari segala macam godaan baik nafsu/syahwat dunia. Akan tetapi jika kita mampu melaluinya maka kita akan menjadi pribadi yang terhindar dari emosi setan dan senantiasa sabar akan segala keadaan. Diriwayatkan dalam Mishbah al-Syri’ah bahwa Rasulullah SAW bersabda “ Puasa adalah perisai”. Yang mana puasa melindungi kita dari kejelekan dunia dan siksa akhirat.

3. Menyehatkan Badan
Selain baik dalam kekuatan rohani, puasa juga baik untuk kesehatan jasmani. Dengan berpuasan baik dan benar serta iklas semata-mata hanya karena Allah SWT semata, puasa akan membuat kita terhindar dari penyakit yang membahayakan. Hal ini tidak hanya dinyatakan oleh Allah SWT semata tetapi para dokter dan kesehatan telah memberikan pernyataan bahwa puasa memang dapat meningkatkan kesehatan manusia, dimana perut

memang perlu di istirahtkan dari bekerja memproses makanan sebagaimana mesin yang
perlu di istirahatkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Rahasia Puasa Senin Kamis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel